Penderitaan dahsyat lima penghuni kubur


Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa seorang pemuda yang sedang dirundung sedih datang kepada Abdul Malik. Abdul Malik menanyakan sebab kesedihannya. Pemuda itu memberitahukan bahwa dia bersedih karena dosa yang telah dilakukannya. Abdul Malik bertanya kepadanya apakah dosanya lebih besar daripada bumi dan langit, dia mengiyakan. Abdul Malik bertanya lagi apakah dosa-dosanya lebih besar dari langit yang tertinggi. Dia mengiyakan. Abdul Malik bertanya lagi apakah dosa-dosanya begitu memilukan sehingga rahmat Tuhan pun tidak dapat membebaskannya. Kali ini, pemuda itu terdiam. Kemudian Abdul Malik bertanya dosa apa yang telah dia lakukan. Pemuda itu berkata bahwa dia seorang pencuri yang mencuri kain kafan, dan mendapatkan pengalaman yang mengerikan akan kondisi lima penghuni kubur sehingga membuatnya menyesali dosa-dosanya:
Aku menggali sebuah kuburan dan melihat wajah jenazah telah berpaling dari kiblat dan dia sedang disiksa. Aku begitu ketakutan dan berbalik pergi, tetapi sebuah suara dari pembicara gaib terngiang di telingaku dan mendesakku menanyakan kepada ahli kubur itu mengapa hukuman dijatuhkan kepadanya. Aku memperlihatkan ketidakmampuanku melakukan hal itu. Pembicara gaib itu lalu mengatakan bahwa ia disiksa karena memandang shalat sebagai sesuatu yang tidak penting. 

Lalu, aku menggali kubur  kedua dan melihat manyat di dalamnya telah berubah menjadi seekor babi dan terbelenggu. Aku sangat ketakutan melihatnya, begitu aku berbalik, aku mendengar sebuah suara gaib yang mendesakku bertanya kepada penghuni kubur itu, mengapa ia disiksa sedemikan. Aku memperlihatkan ketidakmampuanku melakukan hal itu. Suara gaib itu lalu memberitahukan bahwa dia adalah pemabuk berat.

Aku menggali kubur ketiga dan melihat mayat di dalamnya diikat dengan paku-paku neraka dan lidahnya ditarik keluar. Aku begitu ketakutan dan hampir saja berbalik ketika aku mendengar seorang pembicara gaib mendorongku bertanya kepada penghuni kubur itu mengapa dia disiksa. Aku memperlihatkan ketidakmampuanku melakukan hal itu. Pembicara gaib itu kemudian memberitahuku bahwa dia tidak jujur dalam brtransaksi dengan orang lain.

Aku menggali kubur keempat dan melihat jenazah sedang dipanggang dalam api yang membara dan para malaikat memberinya pukulan keras, sedang dia hanya dapat menjerit. Aku begitu ketakutan dan hendak berbalik. Tapi suara gaib mendesakku bertanya mengapa dia dihukum. Aku memperlihatkan ketidakmampuanku melakukan hal itu. Suara gaib itu memberitahukan bahwa dia seorang pembohong dan kerap bersumpah palsu. 

Aku menggali kubur kelima dan melihat para malaikat sedang memukuli penghuni kubur itu dengan menggerakkan tiang api. Penghuni kubur itu menjerit sangat keras. Aku begitu ketakutan dan hampir saja mau berbalik ketika suara gaib mendesakku bertanya keada ahli kubur itu mengapa ia disiksa. Aku memperlihatkan ketidakmampuanku melakukan hal itu. Suara gaib itu berkata bahwa dia suk bersenang-senang dan bermain catur yang dilarang Nabi.

Sebagai kesimpulan, siksa kubur dijatuhkan sebagai akibat dosa-dosa yang dilakukan oleh hati, mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan, kaki,dan semua anggota tubuh. Bagian-bagian tubuh itu juga akan mendapat pahala, jika melakukan pebuatan baik. Semoga Allah melindungi kita dari pedihnya siksa kubur, Allahumma Amiinn..

0 comments:

Post a Comment