Gambaran Malaikat Izrail dan Malaikat Lainnya


Kisah renungan islami - Gambaran tentang Malaikat Izrail, gambaran berikut ini saya salin dari buku "Mati itu Spektakuler" yang diterbitkan oleh "Zaman". Mengenai kebenaran cerita tersebut hanyalah Allah yang lebih tahu.

Allah subhanahu Wa Ta’Ala berfirman:
“Demikianlah ketika seseorang diantara kamu mati, malaikat-malaikat kami mencabut nyawanya dan mereka tidak melampaui batas”
malaikat izrail
Ketika menjelaskan maksud ayat di tersebut, Ibn Abbas mengatakan: “Malaikat-malaikat yang ditunjuk di sini adalah para malaikat pembantu malaikat maut (Izrail).”  Wahb ibn Munabbih berkata: “Para malaikat mendatangi seseorang untuk mencatat umurnya, juga mencabut nyawanya. Sesudah itu mereka menyerahkannya kepada Izrail, pemimpin mereka.”

Sebuah hadits dari Abu Hurairah menyatakan bahwa ketika Tuhan memutuskan menciptakan Adam, salah seorang malaikat penyangga langit diperintahkan ke bumi untuk membawa sedikit tanah. Ketika dia hendak mengambil tanah, bumi berkata: “Aku memintamu dengan sangat, dengan nama Zat yang Maha Suci, aku telah mengutusmu, untuk tidak mengambil tanah dariku, karena besok dia harus dibakar di api neraka.”  Mendengar hal ini, malaikat membatalkan rencananya. Ketika dia menghadap, Tuhan bertanya: “Siapa yang melarangmu melaksanakan perintah-Ku?”  Malaikat memohon: “Wahai Tuhan, bumi memohonku dengan nama-Mu untuk tidak mengambil tanah, maka aku membatalkan rencana itu.”  Tuhan kemudian memerintahkan malaikat lain membawakan tanah dari bumi.

Kepadanya, bumi juga memohon dengan nama Allah agar tidak melakukannya. Tuhan mengirimkan semua malaikat satu demi satu, tapi tak satupun yang mampu membawakan tanah. Akhirnya, Tuhan mengirim malaikat Izrail. Ketika malaikat maut bertekad mengambil tanah, bumi memohonnya dengan sangat atas nama Allah jangan melakukan hal itu. Malaikat maut berkata kepada bumi: “Aku harus tunduk dengan perintah Zat yang Maha Tunggal yang telah mengutusku ke bumi.”  Kemudian dia mengambil dari setiap bagian bumi (Yang baik dan buruk) dan menghadap Tuhan, lalu dibentuknya tubuh Adam dengan campuran air surga.

Zuhri juga pernah menceritakan sebuah hadits seperti itu. Dia berkata bahwa malaikat yang pertama adalah Israfil dan yang terakhir adalah Mikail. Ibn Mas’ud dan sahabat Nabi lainnya mengatakan bahwa malaikat yang paling utama adalah Jibril dan Mikail. Wallahu Ta’Ala A’lam.


0 comments:

Post a Comment